In Memoriam: Daijiro Kato, Gugur Sebagai Legenda MotoGP

In Memoriam: Daijiro Kato, Gugur Sebagai Legenda MotoGP
Bertarung hingga desah nafas terakhir. Itulah sebuah ilustrasi bagaimana tegarnya seorang ksatria berlaga meski harus mengorbankan nyawanya demi sebuah kejayaan. Seorang pembalap Jepang bernama Daijiro Kato, telah menyajikan sebuah drama memilukan hati kepada dunia, betapa totalitasnya bertarung harus berakhir setelah ajal menjemputnya di lintasan balap. Pada musim balap GP 2003, dunia dipaksa menyaksikan seorang pembalap berbakat dan calon juara dunia harus tergeletak dengan motornya yang hancur berkeping-keping.
kato beraksi
kato beraksi
Daijiro Kato lahir di Saitama pada 4 Juli 1976. Awal karir balapnya dimulai sejak ia berumur 3 tahun. Pada tahun 1979, itu ia telah berlatih mengendarai motor pocket bike dan di usia 5 tahun ia telah mengikuti kejuaraan balap pocket bike bahkan sering menjadi juara. Saat usia 11 tahun ia mulai berlomba dengan mengendarai motor minibike, dan berhasil menjuarai semua kelas yang dilombakan di daerahnya.
pembalap motogp melakukan penghormatan terhadap kato di misano
pembalap motogp melakukan penghormatan terhadap kato di misano
Tahun 1998, ia turun di GP 250 cc di GP Jepang sebagai pembalap wild card, dan berhasil menjuarainya. Pada tahun 2000 ia mengikuti GP 250 cc secara penuh dengan bergabung dalam tim Axo Honda Gresini. Hasilnya, ia berhasil menduduki peringkat 3 dunia dikelas tersebut dengan 259 poin dan 4 kali juara seri yaitu di sirkuit Suzuka (Jepang), sirkuit Estoril (Portugal), sirkuit Nelson Piquet (Brasil), dan sirkuit Motegi (Jepang).
58121454
Pada tahun 2001, dengan bergabung dengan tim Telefonica Movistar Honda dan mengendarai Honda NSR 250 pembalap bernomor 74 ini, meraih gelar juara dunia GP 250 cc. Ia meraih 11 kemenangan dari 16 seri yang dilombakan dan merebut 322 poin. Tahun 2002 ia pindah ke kelas MotoGP, bergabung dengan tim Fortuna Honda Gresini dan mengendarai Honda NSR 500 ia mampu menyaingi pembalap pabrikan Honda dan pabrikan lainnya yang menggunakan motor 4 tak 990 cc. Di pertengahan musim ia mendapat jatah Honda RC211V 4 tak 990 cc, dan langsung meraih posisi kedua di sirkuit Brno GP Ceko.
Musim 2003 ia membalap dalam tim yang sama dengan sponsor baru Telefonica Movistar dan turun penuh dengan RC211V. Sayang pembalap yang menjadi harapan Jepang untuk menjadi juara dunia pertama asal Jepang ini, tewas setelah mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama MotoGP 2003 baru berjalan.
karangan bunga di sudut sirkuit dimana Kato tewas
karangan bunga di sudut sirkuit dimana Kato tewas
Tragis, ia tewas setelah motor RC211V yang dikendarainya menabrak dinding pembatas lintasan dan hancur berkeping-keping di depan fansnya sendiri, di lap keempat GP Jepang pada tanggal 6 April 2003. Ia sempat bertahan hidup dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis dengan menggunakan helikopter.
Kato dilarikan ke rumah sakit
Kato dilarikan ke rumah sakit
sebuah poto terekam betapa dahsyatnya benturan Kato dan motornya di pagar sirkuit
sebuah poto terekam betapa dahsyatnya benturan Kato dan motornya di pagar sirkuit
betul-betul hancur berkeping-keping (cakram rem sampai patah!)
betul-betul hancur berkeping-keping (cakram rem sampai patah!)
Berita kematian juara dunia GP 250 cc tahun 2001 ini merebak pada tanggal 20 April 2003, dua minggu setelah GP Jepang. Ia meninggalkan istri, seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang lahir beberapa waktu sebelum kecelakaan naas itu terjadi. Seorang legenda telah gugur dengan nama besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Lintasi Hatiku • Design by Dzignine